Liburan Jaman Now dengan Traveloka

HALLO !!!
Welcome to My Blog🚆


Di blog gue kali ini gue bakal nulis tentang pengalaman gue liburan pakai aplikasi traveloka. Sebenernya produk di traveloka ada banyak, yaitu Flights, Hotel, Train, Hotel + Flight, Top-Up & Data Packages, dan Attractions and Activities. Gue pribadi udah pernah menggunakan hampir semua produk di Traveloka, tapi kali ini gue akan berbagi pengalaman gue menggunakan produk yang paling sering gue pakai yaitu, Trains. Di tulisan gue kali ini, gue bakal jelasin satu per satu ya, jadi kayanya bakal panjang Hehehehe 😅.....

Kenapa Traveloka ?

Gue pertama kali tau aplikasi Traveloka dari iklan yang dengan tag line #TravelokaDuluLiburanKemudian.. Haha menurut gue iklan itu berpengaruh banget sama minat konsumen, karena karna orang-orang disekitar gue termasuk gue pun kalau mau liburan entah itu pesen tiket kereta, pesawat atau bahkan cuma sekedar check ketersediaan kamar hotel dan harga kamar, mereka pasti buka aplikasi Traveloka. 

Pertama kali gue pakai Traveloka kira-kira April tahun lalu dan produk yang gue pakai yaitu Trains alias pemesanan tiket kereta api. Waktu itu gue mau nyamperin cowok gue yang kuliah di Bandung, karna sebelumnya dia udah datang ke Jakarta jadi giliran gue gantian ke Bandung hehe... Maklum LDR😁. Nah waktu gue mau pesen tiket kereta yang pertama kali muncul di pikiran gue itu Traveloka ini *caelah!.. Akhirnya gue download deh aplikasinya di playstore, kaya gini nih


Klik INSTALL, lalu tunggu proses downloading

Kalau udah berhasil download, buka aplikasinya deh yang tampilannya kaya gini


Klik produk yang akan dipakai, karna gue mau beli tiket kereta api jadi gue pilih Trains

Untuk Origin (keberangkatan) gue pilih Stasiun Gambir, dan untuk Destination (tujuan) gue pilih Stasiun Bandung. Lalu pilih tanggal keberangkatan. Kalau kalian mau beli tiket untuk pulang pergi bias di klik Round-trip. Tapi kali ini gue beli untuk satu kali perjalanan aja. Lalu masukin jumlah penumpangnya berapa. Kalau udah Klik Search

Nah ini salah satu yang gue suka dari Traveloka, di tampilan ini semua udah dimunculin dengan jelas, mulai dari waktu keberangkatan, pilihan harga, kursi yang tersedia, jenis kelas (economy/executive) sampai waktu perjalanan. Menurut gue disini udah memudahkan banget dan tampilannya tersusun dan enak diliat, ini karena Traveloka merupakan partner resmi PT KAI jadi informasi yang ada pasti update terus. Gue pilih baris ketiga (Executive A jam 07.15).

Lalu kalian diminta untuk isi contact details dan nama penumpang yang akan melakukan perjalanan. Di contct detail kalian jangan sampai salah ya masukin alamat emailnya karena nanti kode pembayarannya akan dikirim via email. Nah disini juga salah satu keunggulan Traveloka nih, yaitu Passanger QuickPick, jadi kalian bisa beli tiket untuk lebih dari 1 orang dengan hanya 1 akun. Misalnya kalian mau beli tiket untuk 3 orang, cukup 1 orang aja dengan 1 akun yang booking. Passanger Detail juga penting nih, karna data diri penumpang akan ada di print out tiket, jadi akan diperiksa sama petugas stasiun dengan menunjukkan kartu identitas. Kalau udah Klik Select Seat ya. Ini juga salah satu keunggulan Traveloka nih, banyak yah keunggulannya Hahahaha.. Jadi kalian bisa pilih kursi sendiri yang kalian inginkan
Nah tampilannya kaya gini nih, kalian bias swipe untuk lihat-lihat gerbong mana yang kursinya masih kosong. Kalau udah klik aja kursi yang mau kalian pilih. 

Next, review pesanan kalian nih. Lalu klik Select Payment Method

Traveloka menyediakan banyak pilihan metode pembayaran nih, mulai dari transfer, credit card sampai via Indomaret. Memudahkan banget kan ?😊. Disini gue pilih Transfer via BCA
Nah step terakhir nih yaitu payment, kalau udah benar silahkan klik I Have Completed Payment dan tunggu konfirmasi via email
Ga lama kok kira-kira 2 menit email knfirmasi udah masuk. Tampilannya seperti diatas ya.. Di email tersebut kalian diminta untuk transfer total tagihan kalian, biasanya dikasih waktu sekitar 40 menit jadi setelah kalian terima email ini buruan deh siap-siap buat bayar karena pesanan akan dibatalkan otomatis kalau lewat dari waktu yang telah ditentukan, terutama kalian yang pilih metode pembayaran via indomaret ya jadi buruan siap-siap buat otw ke indomaret Hehehe...
Nah setelah kalian transfer, kalian akan dapat email lagi nih yang isinya E-Ticket kalian. Udah deh kalian udah selesai pesan tiketnya tinggal tunggu hari H untuk berangkat

Pas hari H kalian ga perlu repot-repot antre di loket, karena di setiap stasiun menyediakan mesin untuk mencetak E-Ticket kalian. Sistem kaya gini berguna banget sih kalo menurut gue karena dari pengalaman gue selama naik kereta pakai Traveloka, gue ga pernah antre di mesin itu. Di Gambir udah banyak mesin untuk print E-Ticket dan prosesnya mudah banget, cuma masukin kode booking atau scan barcode terus tiket udah keluar deh. Setelah itu kalian siapin kartu identitas (biasanya KTP) untuk diperiksa sama petugas stasiun di pintu masuk. Nah ini ga kalah penting nih buat gue, yaitu JAJAN! Wkwkwkwk... Buat kalian yang udah pernah ke stasiun gambir pasti udah tau kalau tempat makan di stasiun gambir lengkap banget loh! Sebelum berangkat ritual gue biasanya beli Hoka Hoka Bento sama Ice Coffee Float nya Mcd dulu buat amunisi di kereta Hehehehe.. Maklum ya perjalanan kan 3 jam jadi butuh cemilan *Hokben cemilan ? HAHAHAHAHA😆

Sekedar informasi nih kalau kalian ingin melakukan perjalanan yang "dadakan", kalian tetep bias loh pesen tiket via Traveloka, karena Traveloka menyediakan fasilitas last minute booking – sampai dengan 3 jam sebelum waktu keberangkatan alias kalian bias pesen tiket kereta api 3 jam sebelum waktu keberangkatan, jadi kalian ga perlu panik kalau belum beli tiket. 

Kesimpulan dari tulisan gue diatas yaitu, aplikasi Traveloka berguna banget buat kalian yang mau liburan cepat dan mudah. Karena prosesnya hanya tinggal 'Klik". Gue udah ngebandingin sendiri beli tiket langsung di stasiun (antre langsung di loket) dengan via aplikasi Traveloka, dan beda jauh loh menghemat waktunya.

Cukup sekian tulisan gue tentang pengalaman gue beli tiket kereta api dengan Traveloka. Sekarang kan jaman udah canggih dan udah dipermudah, jadi tunggu apalagi, buruan download Traveloka untuk kemudahan liburan kalian💗

Komentar